Urgensi Parenting Education Berbasis E-learning di Era Digital

Authors

  • Siful Arifin STIT Al-Karimiyyah Sumenep
  • Ach. Syaiful Institut Kariman Wirayudha Sumenep

DOI:

https://doi.org/10.52185/kariman.v8i1.136

Keywords:

e-learning, Era Digital, Parenting Education

Abstract

Artikel ini membahas tentang pentingnya Parenting Education berbasis e-learning bagi orang tua. Salah satu alasan yang melatarbelakangi penulisan artikel ini adalah masih banyaknya orang tua yang belum mengetahui, memahami dan belum bisa menggunakan media teknologi informasi sebagai salah satu sarana dan media di dalam melakukan pengasuhan dan pendidikan. Oleh karena itu, Dalam artikel ini diajukan beberapa argumen yang bisa dijadikan landasan untuk melaksanakan Parenting Education berbasis e-learning di era digital. Pertama, Sebagai upaya preventif agar tidak terjadi malapraktik pengasuhan/pendidikan di lingkungan keluarga. Kedua, Program tersebut mempunyai pengaruh signifikan terhadap keberhasilan pengasuhan dan pendidikan di era digital. Ketiga, program tersebut dapat  membantu orang tua dan guru dalam melakukan pendampingan, pengasuhan dan pendidikan tanpa ada hambatan teknologis, serta dapat membantu orang tua mempunyai pengetahuan, pemahaman dan keterampilan dalam melakukan proses pengasuhan, pendidikan dan pembelajaran berbasis e- learning. 

References

Child Welfare Information Gateway, Parent Education to Strengthen Families and Reduce the Risk of Maltreatment, Washington : Children’s Bureau, Maryland Avenue, 2013.

Edwards, C. Drew. 2006. Ketika Anak Sulit Diatur: Panduan Bagi Para Orang Tua Untuk Mengubah Masalah Perilaku Anak. Bandung: PT. Mizan Utama.

Helmawati. Mengenal dan Memahami PAUD. Bandung: PT Remaja Rosdakarya. 2015.

Harahap, Mefrida, “Program Parenting pada Kelompok Bermain”, ipisumedang.blogspot.com/2012/04/program-parenting-pada-kelompok-bermain.html (Rabu,05 juni 2020, 09.30 WIB).

Kemendikbud Direktorat Jenderal PAUD dan Dikmas, 2015, Roadmap Pendidikan Keluarga, (Jakarta : Kemendikbud RI.

Lestari, Ni Gusti Ayu Made Yeni, Program Parenting Untuk Menumbuhkan Kesadaran Pentingnya Keterlibatan Orang Tua Di Paud, Pratama Widya : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Volume 4, No. 1, April 2019.

Mauanah Siti Nur, Suprijono Agus, Parenting Education sebagai Pendidikan Keluarga (Motiv Keterlibatan Orang Tua Dalam Parenting Education), Paradigma. Volume 04 Nomer 01 Tahun 2016.

Martuti, Mengelola Pendidikan Anak Usia Dini. Yogyakarta: Kreasi Wacana, 2008.

Nurul Azizah dkkk, Modul pelatihan di era digital, (Jakarta: Kementerian Pemberdayaan Perempuan Dan Perlindungan Anak Republik Indonesia, 2017.

Roshonah, Adiyati Fathu, Urgensi Program Pelatihan Parenting dalam Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Orangtua dengan Anak, AL-MURABBI: Jurnal Studi Kependidikan dan Keislaman - Vol 5, No. 2, 2019.

Setiawardhani, Ratna Tiharita, Pembelajaran Elektronik (E-Learning) Dan Internet Dalam Rangka Mengoptimalkan Kreativitas Belajar Siswa, Edunomic, Jurnal Ilmiah Pend. Ekonomi, Volume 1 Nomor 2, September 2013.

Saepudin, Asep dan Saly Ulfah: Penerapan Program Parenting Berbasis E-Learning dalam Mengembangkan Kemampuan Mendidik Anak, Jurnal Teknodik Vol. 18 - Nomor 3, Desember 2014.

Sri Lestari, Psikologi Keluarga (Jakarta: Prenada Media Group, 2012.

Scott, Stephen and Frances Gardner, Parenting Program, on Rutter’s Child and Adolescent Psychiatry, SixthEdition, Edited by AnitaThapar et al, (London : John Wiley & Sons, Ltd., London, 2015.

https://www.childwelfare.gov/pubPDFs/parented.pdf#page=1&view=Introduction

https://www.gatra.com/detail/news/426059/teknologi/hingga-juni-2019-pengguna-internet-indonesia-171-juta, diakses 23 april 2020

Downloads

Published

2020-06-27

How to Cite

Arifin, S., & Ach. Syaiful. (2020). Urgensi Parenting Education Berbasis E-learning di Era Digital . Kariman: Jurnal Pendidikan Keislaman, 8(1), 41–54. https://doi.org/10.52185/kariman.v8i1.136