Peran Keluarga dalam Menumbuhkan Motivasi Belajar Anak Sejak Dini
DOI:
https://doi.org/10.52185/kariman.v8i02.150Keywords:
keluarga, anak dan motivasi belajar.Abstract
Keluarga memiliki peran yang signifikan dalam menumbuhkan motivasi belajar seorang anak. Masa anak-anak adalah masa yang paling penting dalam tahap perkembangan manusia, sebab masa itu merupakan periode diletakkannya dasar struktur kepribadian yang dibangun untuk sepanjang hidupnya. Pendidikan sejak dini berperan penting dalam membantu perkembangan anak dan pembentukan kepribadiannya. Dalam menumbuhkan motivasi belajar pada anak, keluarga harus selalu ingat tentang dunia anak yang merupakan dunia bermain, jadi hal-hal yang dilakukan oleh keluarga harus selalu menyenangkan karena bagi anak-anak bermain adalah kegiatan yang menyenangkan. Ada banyak hal yang dapat dilakukan oleh keluarga dalam menumbuhkan motivasi belajar pada anak akan tetapi kunci utamanya adalah keterlibatan keluarga atau orang tua secara langsung dalam kegiatan anak.
References
Ahid Nur, Pendidikan Keluarga Dallam Perspektif Islam, Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2010.
Aly Hery Noer, Ilmu Pendidikan Islam, Jakarta: PT Logos Wacana Ilmu, 1999.
Aziz Safrudin, Strategi Pembelajaran Aktif Anak Usia Dini Panduan Bagi Guru, Orang tua, Konselor, dan Praktisi Pendidikan Anak Usia Dini, Yogyakarta: KALIMEDIA, 2017.
Djamarah Syaiful Bahri dan Aswan Zain, Strategi Belajar Mengajar, Jakarta: PT Rieneka Cipta, 2006.
Hidayati Nurul Laily, Cara Super Mendidik Anak Balita Tips Parenting untuk Orang Tua dalam Mendidik Balita, Yogyakarta : ANDI OFFset.
Ilahi Mohammad Takdir, Quantum Parenting Kiat Sukses Mengasuh Anak Secara Efektif dan Cerdas, Yogyakarta: KATAHATI, 2013.
Mawardi, Nur Hidayat, Ilmu Alamiah Dasar Ilmu Sosial Dasar Ilmu Budaya Dasar, Bandung: Pustaka Setia, 2007.
Mifzal Abiyu, Strategi Pembelajaran Untuk Anak Kurang Berprestasi, Jogjakarta: Javalitera, 2015.
Partanto Pius A., Kamus Ilmiah Populer, Suraya: Arkola, 2001.
Patmonodewo Soemiarti, Pendidikan Anak Prasekolah Jakarta: Rineka Cipta, 2003.
Prastiyono Dwi Sunar, Membedah Psikologi Bermain Anak, Yogyakarta: think, 2007.
Purwanto Ngalim, Psikologi Pendidikan, Bandung: Remaja Rosda Karya, 2004.
Rahman Hibana S, Konsep Dasar Pendidikan Anak Usia Dini, Yogyakarta: PGTKI Press, 2005.
Subini Nini, Mengatasi Kesulitan Belajar Pada Anak, Jogjakarta: Javalitera, 2015.
Susanto Ahmad, Perkembangan Anak Usia Dini, Jakarta: Kencana 2012.
Susanto Darma dkk., Dasar-Dasar Pendidikan, Semarang: IKIP Semarang Press, 1994
Wiyani Novan, Barnawi, Rancang Bangun Konsep Pendidikan Monokotomik-Holistik Ilmu Pendidikan Islam, Jogjakarta: Ar-Ruzz Media, 2012.