Mind Mapping dalam Pembelajaran IPA Sekolah Dasar
Studi Meta-Sintesis
DOI:
https://doi.org/10.52185/kariman.v8i02.153Keywords:
Mind Mapping, Pembelajaran IPA SD, Studi Meta-Sintesis, Systematic ReviewAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana mind mapping berperan dalam proses pembelajaran. Secara teori mind mapping dikatakan sebagai cara paling efektif dan menarik dalam meningkatkan kemampuan otak dalam memproses dan menyimpan informasi dalam otak. Sehingga dapat meningkatkan kualitas proses pembelajaran. Penelitian ini merupakan studi meta sintesis sebagai metode Systematic Review kualitatif. Pendekatan kualitatif dalam systematic review digunakan untuk mensintesis (merangkum) hasil-hasil penelitian yang bersifat deskriptif kualitatif. Metode mensintesis (merangkum) hasil-hasil penelitian kualitatif ini disebut dengan ―meta-sintesis‖. Hasil studi ini menunjukkan bahwa penerapan mind mapping dikelas rendah, lebih efektif sebagai media pembelajaran, sedangkan untuk kelas tinggi dapat digunakan sebagai media maupun metode pembelajaran. mind mapping dapat meningkatkan kualitas proses pembelajaran, karena menstimulasi keaktifan guru dan siswa, serta meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA.
References
Arends. (1997). Model-Model Pembelajaran Inovatif Berorientasi Konstuktivitis. Jakarta: Prestasi Pustaka Publisher
Budi. (2017). Belajar Membuat Mind Mapping. Https://Www.Sdbirrulwalidain.Sch.Id/2017/11/Belajar-Membuat-Mind-Map.Html
Buzan, Tony, (2007). Pintar Mind Map Untuk Anak Agar Anak Pintar Di Sekolah, Jakarta : PT. Gramedia Pusaka Utama.
Desmita. (2009). Psikologi Perkembangan Peserta Didik. Bandung : PT Remaja Rosdakarya
Francis C. & Baldesari (2006). Systematic Reviews Of Qualitative Literature. Oxford: UK Cochrane Centre.
Jamienson, Peter, (2012). Using Modern Graph Analysis Techniques On Mind Maps To Help Quantify Learning, IEEE : 978-1-4673-1352-0/12.
Kitchenham, B. (2004). Procedures For Performing Systematic Reviews. Eversleigh: Keele University.
Lies Wardoyo. (2013). Mind Mapping untuk Murid SD. Http://Lieslestari03.Blogspot.Com/2013/02/Mind-Mapping-Untuk-Murid-Sd.Html
Mohammad Ikhwan Muhajir. (2013). Upaya Meningkatkan Motivasi Dan Hasil Belajar Ilmu Pengetahuan Alam (Ipa) Dengan Teknik Mind Map Pada Siswa Kelas Vi A Mi Sunan Pandan Aran Sleman. Skripsi. Prodi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Fakultas Ilmu Tarbiyah Dan Keguruan Uin Sunan Kalijaga Yogyakarta. Https://Docplayer.Info/50614230-Upaya-Meningkatkan-Motivasi-Dan-Hasil-Belajar-Ilmu-Pengetahuan-Alam-Ipa-Dengan-Teknik-Mind-Map-Pada-Siswa-Kelas-Vi-A-Mi-Sunan-Pandan-Aran-Sleman.Html
Perry, A. & Hammond, N. (2002). Systematic Review: The Experience Of A Phd Student. Psychology Learning And Teaching, 2(1), 32–35.
Rika Sari Dewi, Mamam Surahman, Loliyana. . (2014). Peningkatan Kecerdasan Visual Spasial Siswa Kelas Iv Melalui Model Pembelajaran Mind Mapping. Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan. Universitas Lampung. Bandar Lampung.
SDIT Al-Ihsan Colomadu. (2020). Mind Mapping tentang Virus Corona. Http://Www.Sdit-Alihsancolomadu.Sch.Id/2020/03/Mind-Mapping-Tentang-Virus-Corona-Di.Html
Siswanto, (2010). Systematic Review Sebagai Metode Penelitian Untuk Mensintesis Hasil-Hasil Penelitian (Sebuah Pengantar). Buletin Penelitian Sistem Kesehatan – Vol. 13 No. 4 Oktober 2010: 326–333
Sulis Nur Azizah. (2015). Penerapan Metode Mind Mapping Siswa Kelas V Sd Negeri Jomblangan Banguntapan Bantul. Skripsi. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Jurusan Pendidkan Pra Sekolah Dan Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Yogyakarta. https://docplayer.info/51381115-Penerapan-metode-mind-mapping-siswa-kelas-v-sd-negeri-jomblangan-banguntapan-bantul-skripsi.html
Tim Kelas 5 SD GEMILANG. (2020). Kecil-Kecil Pandai Membuat Info Grafis Http://Saim.Sch.Id/Blog/2020/10/21/Kecil-Kecil-Pandai-Membuat-Info-Grafis/
Yan-Lei, Zhang Dkk, 2010, Mind Mapping Based Human Memory Management System. IEEE : 978-1-4244-5392-4/10.