Model Pembelajaran Kurikulum 2013 dalam Materi IPA Kelas 6 MI Miftahun Najah Desa Tenonan
DOI:
https://doi.org/10.52185/kariman.v8i1.129Keywords:
Model Pembelajaran Kooperatif, Kurikulum 2013 MIAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui model pembelajaran yang digunakan di kelas 6 MI Miftahun Najah Desa Tenonan Kecamatan Manding yang telah menerapkan kurikulum 2013. Metode Penelitian dilakukan dengan melakukan Direct Observation saat pembelajaran dan wawancara dengan guru untuk mendapatkan data lebih mendalam. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan mendeskripsikan tahap-tahap pelaksanaan model pembelajaran oleh guru di kelas, kemudian dianalisa kesesuaiannya dengan tuntutan pembelajaran dalam kurikulum 2013 yang ditetapkan pemerintah. Hasilnya yaitu, guru menggunakan model pembelajaran Kooperatif (Cooperatif Learning) di kelas 6 MI Miftahun Najah. Dalam prosesnya terlaksana dengan baik berdasarkan indikator-indikator yang dirumuskan oleh peneliti. Indikator tersebut diturunkan dari karakteristik pembelajaran Kooperatif (Cooperatif Learning), dan secara umum proses pembelajaran di kelas telah sesuai dengan yang diharapkan dalam kurikulum 2013.
References
Abu Ahmadi. Strategi Belajar Mengajar . Bandung ; CV Pustaka Setia. 2005
Arends, Richard I. Learning to Teach. (Terjemahan oleh Soetjipto, Helly Prajitno & Soetjipto, Sri Mulyantini. 2008. Yogyakarta: Pustaka Pelajar. 2007.
Asih widi W & Eka Sulistyowati. Metodologi Pembelajaran IPA. Jakarta; PT Bumi Aksara. 2017
Hamalik, Oemar. Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta; Bumi Aksara. 2013
Suyanti, Retno Dwi. Strategi Pembelajaran Kimia. Yogyakarta: Graha Ilmu. 2010
Waras Kamdi. Project-Based Learning: Pendekatan Pembelajaran Inovatif. Disampaikan dalam Pelatihan Penyusunan Bahan Ajar Guru SMP dan SMA, 31 Oktober s.d. 2 November 2008. Universitas Negeri Malang. 2008.