HUMANISME PESANTREN
Analisis Terhadap Karakteristik Kehidupan Pesantren
DOI:
https://doi.org/10.52185/kariman.v4i2.72Keywords:
Karakteristik Kehidupan Pesantren, Nilai Humanisme IslamAbstract
Pendidikan ideal adalah pendidikan yang tidak hanya mampu membekali peserta didik dengan ilmu pengetahuan, tetapi pendidikan ideal adalah pendidikan yang mampu membenahi segala aspek kehidupan peseta didik baik dari sisi intelektual maupun moral karena pendidikan ideal bertujuan membantu mengoptimalkan dan mengaktualkan potensi kemanusian. Penyediaan pendidikan ideal akan membentuk manusia yang saling menghormati perbedaan, menjunjung tinggi nilai kesamaan dan kebersamaan serta saling menghormati kesamaan posisi dalam aspek nilai kemanusiaan. Pendidikan ideal tersebut dapat ditemukan pada pola pendidikan islam seperti pesantren yang merupakan tempat tinggal para santri atau anak didik untuk dibenahi kepribadiannya yang selaras dengan tujuan pendidikan pada umumnya yaitu membentuk manusia berintelektual dan bermoral. Karakteristik kehidupan dunia pesantren yaitu kesederhanaan dan kemandirian yang bertujuan membentengi diri dari ideologi luar, pembentukan akhlak dan kepribadian, kebersamaan dan kesamaan yang akan bermuara pada proses berperikemanusiaan yang menganggap tidak ada perbedaan antara manusia, karakteristik tersebut selaras dengan nilai humanisme islam yang merupakan konsep tujuan pedidikan yaitu kebebasan, dalam artian manusia adalah makhluk yang mandiri dan bebas berpikir dengan dilandasi aturan Tuhan, persamaan dan persaudaraan sesuai dengan ajaran islam bahwa yang membedakan antar manusia tidak lain hanya tingkat ketaqwaannya.