Implementasi Metode Sorogan dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Kitab Kuning di Pondok Pesantren Islahudiny Kediri Lombok Barat

Authors

  • Lukmanul Hakim Universitas Islam Negeri Mataram, NTB
  • Yudhi Setiawan Jalaludin UIN Mataram
  • Masnun Tahir Universitas Islam Negeri Mataram, NTB
  • Abdul Fattah Universitas Islam Negeri Mataram, NTB

DOI:

https://doi.org/10.52185/kariman.v12i1.427

Keywords:

Reading Ability, Kitab Kuning, Sorogan Method

Abstract

Abstract

Studying and reading kitab kuning is not an easy thing because it requires perseverance and the right method in teaching it. The objectives pf this research are to find The implementation of sorogan method in improving the ability to read kitab kuning at  Islahuddiniy Islamic Boarding School and supporting an inhibiting factors in the implementation of sorogan method. The researcher used descriptive qualitative research in this research. The research data were obtained through interview, observation and documentation techniques. The researcher use data reduction, data display and conclusion drawing in data analysis techniques. The results of the research show that the implementation of the sorogan method is carried out by students first reading the book that has been determined by the ustadz or teacher, then the ustadz or teacher listens, pays attention, and provides comments. Supporting factors in implementing the sorogan method are the presence of ustadz or teachers who have the qualities or are competent in applying the sorogan method, the existence of books that are available, the existence of a structured schedule, and students who have a basic knowledge of nahwu sharaf. Meanwhile, the inhibiting factors are limited time and the lack of uniformity in students' understanding of the science of nahwu sharaf. Through this sorogan method, an ustadz can provide direction, control the reading and be able to determine the students' ability to master nahwu sharaf as a tool to improve the students in reading kitab kuning.

Keywords: Reading Ability, Kitab Kuning, Sorogan Method

 

Abstrak

Mempelajari dan membaca kitab kuning bukanlah hal yang mudah karena diperlukan ketekunan dan metode yang tepat dalam pengajarannya. Penelitian ini untuk mengetahui implementasi metode sorogan dalam meningkatkan kemampuan baca kitab kuning di Pondok Pesantren Islahuddiny Kediri Lomnbok Barat dan faktor pendukung serta penghambat dalam pelaksanaannya. Jenis penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif bersifat deskriptif. Data penelitian diperoleh melalui teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan reduksi data, display data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan metode sorogan dilakukan dengan cara santri membaca terlebih dahulu kitab yang telah ditentukan oleh ustadz atau tuan guru kemudian ustadz atau tuan guru mendengarkan, memperhatikan, memberikan komentar. Faktor-faktor pendukung dalam pelaksanaan metode sorogan yaitu adanya ustadz atau tuan guru yang memiliki kualitas atau berkompeten dalam menerapkan metode sorogan, adanya kitab yang telah tersedia, adanya jadwal yang terstruktur, dan  santri yang memiliki dasar ilmu nahwu sharaf. Sedangkan yang menjadi faktor penghambat yaitu keterbatasan waktu dan ketidakseragaman pemahaman santri dalam memahami ilmu nahwu sharaf. Melalui, metode sorogan ini dapat memungkinkan seorang ustadz dapat memberikan arahan, mengontrol bacaan serta dapat mengetahui kemampuan santri dalam menguasai nahwu sharaf sebagai alat untuk memperbaiki bacaan santri dalam membaca kitab kuning.

Kata Kunci: Kemampuan Membaca Santri, Kitab Kuning, Metode Sorogan

References

Anwar, Chaerul. “Metode Sorogan Dalam Pembelajaran Membaca Al-Qur’an Di Pondok Pesantren.” JMimbar : Urnal Pendidikan & Agama Islam 19, no. 2 (2020): 208–21. https://journal.laaroiba.ac.id/index.php/mimbar/article/view/218/178.

Arikunto, Suharsimi. Metode Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta, 2010.

Hermanto, Bambang, and Siful Arifin. "Pengaruh Metode Student-Centered Learning Dalam Pembelajaran Bahasa Arab." Kariman: Jurnal Pendidikan Keislaman 11.2 (2023): 265-282.

Dhofier, Zamakhsyari. Tradisi Pesantren: Studi Pandangan Hidup Kyai Dan Visinya Mengenai Masa Depan Indonesia. Jakarta: LP3ES, 2011.

Hamid, Abdul. Mengukur Kemampuan Bahasa Arab Untuk Studi Islam. Malang: UIN Maliki Press, 2013.

Hasan, Muhammad Tholhah. Islam Dalam Perspektif Sosial, Budaya Dan Nusantara. Jakarta: Galasa Nusantara, 1997.

Hidayah, Ridho, and Hasyim Asy’ari. “Peningkatan Kemampuan Membaca Kitab Kuning Dengan Metode Sorogan Pada Santri Pondok Pesantren Walisongo.” Ar-Rusyd: Jurnal Pendidikan Agama Islam 1, no. 1 (2022): 59–68. https://doi.org/10.61094/arrusyd.2830-2281.7.

Ismail. “Peningkatan Kompetensi Pedagogik Guru PAI Dalam Pembelajaran.” Mudarrisuna 4, no. 2 (2015): 704–19. https://www.unimed.ac.id/2020/05/19/mengkaji-pandemi-covid-19-dari-kacamata-antropologi/.

Nasir, Ridwan. Mencari Tipologi Format Pendidikan Ideal : Pondok Pesantren Di Tengah Arus Perubahan. Yogjakarta: Pustaka Pelajar, 2005.

Nata, Abuddin, and Azyumardi Azra. Sejarah Pertumbuhan Dan Perkembangan Lembaga-Lembaga Pendidikan Islam Di Indonesia. Jakarta: Grasindo, 2001.

Qomar, Mujamil. Pesantren : Dari Transformasi Metodologi Menuju Demokratisasi Institusi. Jakarta: Erlangga, 2006.

Rakimahwati, Yetty Rifda, and Ismet Syahrul. “PELATIHAN: PEMBUATAN BONEKA JARI BERGAMBAR DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA ANAK USIA DINI DI KECAMATAN V KOTO KAMPUNG DALAM KABUPATEN.” Jurnal Pendidikan : Early Childhood 2, no. 2 (2017): 1–10.

Rosyidi, Wahab, and Mamlu’atul Ni’mah. Memahami Konsep Dasar Pembelajaran Bahasa Arab. Malang: UIN Maliki Press, 2012.

Sanjaya, Wina. Perencanaan Dan Desain Sistem Pembelajaran. Jakarta: Pramedia Group, 2008.

Sugiyono. Metode Penelitian Kombinasi. Jakarta: Bumi Aksara, 2011.

———. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif Dan RnD. Bandung: Alfabeta, 2015.

Supriyani, Epi. “Pengaruh Media Pembelajaran Terhadap Keterampilan Membaca Peta Huruf Siswa Taman Tk Nurul Azizi Medan.” Research and Development Journal of Education 7, no. 1 (2021): 50. https://doi.org/10.30998/rdje.v7i1.8051.

Umam, Khairul. “Urgensi Metodologi Pembelajaran Kitab Kuning, Studi Atas Metode Al-Fâtih Dalam Meningkatkan Keterampilan Membaca Kitab Kuning Di Madrasah Aliyah 1 Annuqayah.” Jurnal Penelitian Dan Pemikiran Keislaman 2, no. 1 (2020): 36–46. https://www.journal.uim.ac.id/index.php/alulum/article/view/734.

Zulhima. “Dinamika Perkembangan Pondok Pesantren Di Indonesia.” DARUL IL8 MI, 2013, 166.

Downloads

Published

2024-06-30

How to Cite

Lukmanul Hakim, Jalaludin, Y. S., Masnun Tahir, & Abdul Fattah. (2024). Implementasi Metode Sorogan dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Kitab Kuning di Pondok Pesantren Islahudiny Kediri Lombok Barat. Kariman: Jurnal Pendidikan Keislaman, 12(1), 31–43. https://doi.org/10.52185/kariman.v12i1.427