Implikasi Filsafat etika dalam Membangun Tata Krama Generasi Muda melalui Pendidikan Karakter prespektif Ibnu Miskawaih
DOI:
https://doi.org/10.52185/kariman.v12i1.361Keywords:
character education, ethics philosophy, ibnu miskawaihAbstract
This research wants to explore the implications of Ibn Miskawaih's ethical philosophy for the formation of manners of the younger generation using character education. This research involves a philosophical perspective, and the purpose of this research is to analyze the relationship between philosophical values in education and the decline of manners. This research utilizes a qualitative approach study, this study uses the foundation of ethical philosophy and the concept of manners with its foundation. The review used in this research is through philosophical discussion and case studies, identifying research related to the relationship between values contained in philosophy such as wisdom, truth, and justice with the aim of character building in the younger generation by covering aspects of manners. This research tries to show an understanding of the philosophy of ethics from Ibn Miskawaih can be used as a strong foundation to overcome the decline in the manners of the younger generation, and provide a deep understanding of the philosophy of ethics not only as a theory but can be used as a practical guide in developing character education to build morals and ethics in the younger generation. By using a deliberate strategy to incorporate philosophical values into a character-based instructional curriculum, this research contributes to improving the quality of education.
Keywords: character education, ethics philosophy, ibnu miskawaih
Penelitian ini ingin mendalami terkait Implikasi dari filsafat etika dari Ibnu Miskawaih untuk pembentukan tata krama generasi muda dengan mengunakan pendidikan karakter. Penelitian ini melibatkan prespektif filosofis, dan tujuan penelitian ini ialah mengurai hubungan nilai-nilai filososfis pada pendidikan dan kemerosotan tata krama. Penelitain ini memanfatkan studi pendekatan kualitatif, studi ini menggunakan landasan filsafat etika dan tentang konsep tata krama dengan landasannya. Tinjauan yang di gunakan dalam penelitian ini melalui diskusi filosofis dan studi kasus, identifikasi penelitian terkait hubungan anatara nilai-nilai yang terkadung pada filosofis sperti halnya kebijaksanaan, kebenaran, dan keadilan dengan tujuan pembentukan karakter pada generasi muda dengan mencakup aspek tata krama. Penelitian ini mencoba untuk menunjukan pemahaman terkait filsafat etika dari Ibnu Miskawaih dapat di jadikan landasan yang kuat guna mengatasi kemerosotan pada tata krama generasi muda, dan memberi pemahaman yang mendalaman terkait Filosofi etika tidak hanya menjadi sebuah teori saja akan tetapi bisa di jadikan suatu panduan praktis dalam mengembangkan pendidikan karakter guna membangun moral dan etika pada generasi muda. Dengan menggunakan strategi yang disengaja untuk memasukkan nilai-nilai filosofis ke dalam kurikulum instruksional berbasis karakter, penelitian ini berkontribusi pada peningkatan kualitas pendidikan.
Kata kunci: pendiikan karakter, filsafat etika, ibnu miskawaih
References
Amin, Ahmad. Al Akhlak, Terj. Farid Ma’ruf. Etika: Ilmu Akhlak.Jakarta: Bulan Bintang, 1993.
Amin, Ahmad, Dhuhr al- Islam, Jus II (Beirut: Dar Al Kitab Al Araby, 1969), hlm.
Dewan Redaksi Ensiklopedia Islam, Ensiklopedia Islam, Jilid 2 (Cet. 4; Jakarta: Ich Baru Van Hoeve, 1997).
Dewantara, Ki Hajar, Pendidikan, (Yogyakarta, Majelis Luhur Persatuan Tamansiswa, 2011.
Fikriyah, Samrotul. Mayasari, Annisa, dkk “Peran Orang Tua Terhadap Pembentukan Karakter Anak Dalam Menyikapi Bulying”, Jurnal Tahsinia Vol. 3, No. 1, April 2022.
Hakim, Abdul, “FILSAFAT ETIKA IBN MISKAWAIH”, Ilmu Ushuluddin, Juli 2014, Vol. 13, No. 2.
Indrianti, Tia , “Skripsi ( Peran Orang Tua Dalam Membentuk Karakter Anak Di Desa Kedaton Induk Kecamatan Batanghari Nuban Lampung Timur)”, Jurusan: Pendidikan Agama Islam Fakultas: Tarbiyah dan Ilmu Keguruan INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI (IAIN) METRO 1441 H/2020 M.
Lexy J. Moleong, Metodologi Penelitian Kualitatif, (Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2007),
Mulia, Harpan Reski. “PENDIDIKAN KARAKTER: ANALISA PEMIKIRAN IBNU MISKAWAIH”, Jurnal Tarbawi: Jurnal Ilmu Pendidikan, Vol. 15, No. 01, Juli 2019.
Mawardi, Imam. “KURIKULUM PENDIDIKAN ISLAM DAN TANTANGAN DINAMIKA PERADABAN GLOBAL (SEBUAH PENDEKATAN PARADIGMATIK)”, At-Tajdid : Jurnal Ilmu Tarbiyah, Vol. 6 No. 1, Januari 2017.
Mulia, Harpan Reski, “Pendidikan Karakter: Analisa Pemikiran Ibnu Miskawaih”, Jurnal Tarbawi: Jurnal Ilmu Pendidikan, Vol. 15, No. 01, Juli 2019.
Nizar, “PEMIKIRAN ETIKA IBNU MISKAWAIH”, JURNAL AQLAM -- Journal of Islam and Plurality -- Volume 1, Nomor 1, Juni 2016.
Suwito, “Filsafat Pendidikan Akhlak Ibn Miskawaih”, ( Yogyakarta, Belukar: 2004).
S. Margono, Metodologi Penelitian Pendidikan, (Jakarta: Rineka Cipta, 2003).
Rosnita. "Pembentukan Akhlak Anak Usia Dini Menurut Ibnu Miskawaih." MIQOT XXXVII, no. 2 (juli-desember 2013).
Suhil, Achmad Said, “Pengantar Pendidikan”, (Bandung: Remaja Rasda Karya, 2010),
Tamin, Hasan, ”al Muqaddimah” dalam Tahzib al Akhlaq wa Tathbir al A’raq” (Cet. II; Beirut: Mansyurat Dar al Hayat, 1398 H),
Wijaya, Nur Rahmad Yahya, “Perbuatan Moral Dan Pertimbangan Batin Ideal: Menelusuri Filsafat Etika Di Dalam Studi Islam”, Kariman, Volume07,Nomor01, Juni2019
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
Categories
License
Copyright (c) 2024 Achmad Rafli Isnadi, Almi Novita
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.