Pengembangan Perilaku Riligiusitas Islam Sekolah Dasar Negeri Kalimo’ok 2 Sumenep
DOI:
https://doi.org/10.52185/kariman.v8i02.180Keywords:
Pengembangan, Perilaku, Keberagamaan IslamAbstract
Pengembangan perilaku relgiusitas Islam merupakan hal yang sangat urgen dalam membentuk siswa mempunyai kualitas keagamaan Islam yang kuat. Untuk mencapai kualitas keagamaan tersebut Sekolah Dasar Negeri Kalimo’ok II Sumenep Madura melakukan terobosan baru dengan program Jumat Islami. Kegiatan ini dilhami lemahnya amaliah keislaman yang mendukung terhadap visi dan misi sekolah, sehingga Titik tekan pengembangan perilaku keberagamaan Islam siswa di Sekolah Dasar Negeri Kalimo’ok 2 adalah pada ranah Aqidah, Fiqih dan Akhlak. Sekolah Dasar Negeri Kalimo’ok 2 Sumenep layak untuk dijadikan tempat penelitian dan menjadi sekolah rujukan dalam kaitannya dengan program pengembangan keberagamaan Islam khususnya bagi sekolah dasar yang notabenenya materi agama mempunyai jatah waktu yang sedikit dibandingkan dengan jumlah jam materi yang lain.
References
Abdullah Nashih, 2012 ‘Ulwan, Tarbiyatul Aulad Fil Islam, terj. Arif Rahman Hakim, Solo: Insan Kamil
Abi Daud Sulaiman, 1997, Sunan Abi Daudi Bairut: Dar Ibn Hazm
Abu Abdullah ibn Muhammad Isma’il al-Bukhari, Shahih Bukhri Juz I, Riyadh: Idaratul Bahtsi Ilmiah,tt
Adeng Muchtar Ghazali, 2004 , Agama dan Keberagamaan Bandung :Pustaka Setia
Ahmad Tanzeh, 2009, Pengantar Metode Penelitian Yogyakarta: Teras
Alek Sobur, 2009, Psikologi Umum, Bandung: Pustaka Setia
Al-Qur'an dan Terjemahannya, 2001, Departemen Agama RI, Bandung: Mikraj Khazanah Ilmu,
Al-Tirmidi, 1996, Al-Jami’ al-kabir,Jus III Bairut: Dar al-Gharb al-islami,
Andi Prastowo, 2014, Metode Penelitian Kualitatif, Jogjakarta: Ar-Ruz Media,
Andrew M. Gredy, 1988, Agama Suatu Teori Sekuler, Jakarta: Erlangga
Dewan Hisbah Persatuan Islam, 2000, Risalah Shalat Bandung: PT Remaja Rosda Karya
Dedy Mulyana, 2001, Metodologi Penelitian Kualitatif Bandung: Remaja Rosdakarya
Desmita, 2012. Psikologi Perkembangan Peserta Didik, Bandung: PT Remaja Rosdakarya,
Djamaluddin Ancok dan Fuad Nashori Suroso, Psikologi Islami; Solusi Islam Atas Problem-Problem Psikologi. 77.
Dr. Nana Sudjana, Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar, (Bandung: PT. Remaja Rosda Karya, 2002). 23
Drs. Abdul Aziz Ahyadi, Psikologi Agama Kepribadian Muslim Pancasila, (Bandung: Sinar Baru Algesindo, 2001). 37
Drs. Muh Imin, 1989, Problematika Agama Dalam Kehidupan Manusia, Jakarta: Kalam Mulia,
Erwati Aziz, 2003, Prinsip-prinsip Pendidikan Islam, Solo: PT. Tiga Serangkai Mandiri,
Hamzah Ya’kub, 1996, Etika Islam, Diponegoro : Bandung
Hasan Basri, 1995¸Keluarga Sakinah ,Yogyakarta: Pustaka Pelajar
Imam Al-Ghozali, Ihya’Ulumuddin, Juz III, Darul Ihyail Kutubil Arabi. T.th.. 52.
Irwan Abdullah, dkk., 2008¸ Dialektika Teks Suci Agama: Strukturasi Makna Agama dalam Kehidupan Masyarakat Yogyakarta: Pustaka Pelajar,
Jalaluddin Rakhmat, 2003, Psikologi Agama Sebuah Pengantar Bandung: Mizan,
Jalaluddin Rakhmat, 2005. Psikologi Agama, Bandung: Mizan
Josep R. Tarigan dan M. Suparmoko, 1995¸Metode Pengumpulan Data Yogyakarta: BPFE,
Kasyful Anwa Syarwani, 2014¸ Pendidikan Anak Dalam Islam , Surabaya: Muara Progresif
Kusairi, Mengungkap Dimensi-Dimensi Psikologis Untuk Pengukuran Keberagamaan Islam,
Lexy J. Moleong, 2009. Metodologi Penelitian Kualitatif Bandung: Rosda,
Lexy J. Moleong, Metodologi Penelitian, 186; Suharsimi Arikunto, Prosedur Penelitian, 132.
M. Nipan Abdul Halim, 2001. Anak Saleh Dambaan Keluarga, Yogyakarta: Mitra Pustaka,
M.A.Subandi, 2013. Psikologi Agama & Kesehatan Mental, Yogyakarta: Pustaka Pelajar,
Matthew B. Miles, A, Michael Huberman, 1992. Analisis Data Kuanlitatif. Terjmh. Tjetjep Rohendi Rohidi Jakarta: UI Press.
Imam Suprayogo, 2001. Metodologi Penelitian Sosial-Agama Bandung: Remaja Rosdakarya,
Iskandar, 2009. Metodelogi Penelitian Pendidikan dan Sosial: Kuantitatif dan Kualitatif Jakarta: Gaung Persada Press
Methew B. Milies and A. Michael Hubermas, 1984. Qualitative Data Analysis London: Sage Publication
Muhammad Idrus, 2009. Metode Penelitian Ilmu Sosial Yogyakarta: Erlangga,
Muslim A. Kadir, 2011. Dasar-dasar Praktikum Keberagamaan dalam Islam Yogyakarta: Pustaka Pelajar,
Nasaruddin Umar. 2014. Islam Fungsional revitalisasi & reaktulisasi nilai-nilai Keislaman, Jakarta: PT. Gramedia,
Nazir, 2003 . Metode Penelitian Jakarta: Ghalia Indonesia,
Earl Babbie, 1998. The Practice Of Social Research, United States of America: Duxbury Press,
Noer Rohmah, 2013. Pengantar psikologi agama,Yogyakarta: Teras,
Robert K. Yin. 2008 Studi Kasus Desain dan Metode Jakarta: Raja Grafindo Persada
S. Nasution, 1996. Metode Research Jakarta: Bumi Aksara
Thoriqul Haq, 2013, Rasionalisasi Tuhan, Surabaya: Imtiyaz
Soemantri Patmonodewo, 2002. Pendidikan Anak Pra Sekolah Jakarta: Rhieneka Cipta,
Sudarwan Danim, 2002. Menjadi Peneliti Kualitatif Bandung: Pustaka Setia,
Sugiyono, 2008. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R & D Bandung: Alfabeta,
Sutrisno Hadi, Metodologi Research II , Yogyakarta: Andi Offset
Taufik Abdullah dan M. Rusli Karim, 1989. Metodologi Penelitian Agama Sebuah Pengantar Yogyakarta: Tiarawacana,.
W.J.S Poerwadarminta, 2011 . Kamus Umum Bahasa Indoensia, Jakarta: Balai Pustaka,
Wahbah al-Zauhayly, 2008, Zakat kajian berbagai mazhab, Bandung: PT. Remaja Rosdakarya,
Wiji Suwarno, 2006. Dasar-dasar Ilmu Pendidikan, Yogyakarta:ar-Ruz Media,
William J. Goode, 1995. Sosiologi Agama Jakarta: Bumi Aksara
Zakiah Daradjat, 1994. Dasar-Dasar Agama Islam, Bulan Bintang, Jakarta,