Pengembangan Perilaku Riligiusitas Islam Sekolah Dasar Negeri Kalimo’ok 2 Sumenep

Authors

  • Fawaid Zaini Institut Kariman Wirayudha Sumenep

DOI:

https://doi.org/10.52185/kariman.v8i02.180

Keywords:

Pengembangan, Perilaku, Keberagamaan Islam

Abstract

Pengembangan perilaku relgiusitas Islam merupakan hal yang sangat urgen dalam membentuk siswa mempunyai kualitas keagamaan Islam yang kuat. Untuk mencapai kualitas keagamaan tersebut Sekolah Dasar Negeri Kalimo’ok II Sumenep Madura melakukan terobosan baru dengan program Jumat Islami. Kegiatan ini dilhami lemahnya amaliah keislaman yang mendukung terhadap visi dan misi sekolah, sehingga Titik tekan pengembangan perilaku keberagamaan Islam siswa di Sekolah Dasar Negeri Kalimo’ok 2 adalah pada ranah Aqidah, Fiqih dan Akhlak. Sekolah Dasar Negeri Kalimo’ok 2 Sumenep layak untuk dijadikan tempat penelitian dan menjadi sekolah rujukan dalam kaitannya dengan program pengembangan keberagamaan Islam khususnya bagi sekolah dasar yang notabenenya materi agama mempunyai jatah waktu yang sedikit dibandingkan dengan jumlah jam materi yang lain.

References

Abdullah Nashih, 2012 ‘Ulwan, Tarbiyatul Aulad Fil Islam, terj. Arif Rahman Hakim, Solo: Insan Kamil

Abi Daud Sulaiman, 1997, Sunan Abi Daudi Bairut: Dar Ibn Hazm

Abu Abdullah ibn Muhammad Isma’il al-Bukhari, Shahih Bukhri Juz I, Riyadh: Idaratul Bahtsi Ilmiah,tt

Adeng Muchtar Ghazali, 2004 , Agama dan Keberagamaan Bandung :Pustaka Setia

Ahmad Tanzeh, 2009, Pengantar Metode Penelitian Yogyakarta: Teras

Alek Sobur, 2009, Psikologi Umum, Bandung: Pustaka Setia

Al-Qur'an dan Terjemahannya, 2001, Departemen Agama RI, Bandung: Mikraj Khazanah Ilmu,

Al-Tirmidi, 1996, Al-Jami’ al-kabir,Jus III Bairut: Dar al-Gharb al-islami,

Andi Prastowo, 2014, Metode Penelitian Kualitatif, Jogjakarta: Ar-Ruz Media,

Andrew M. Gredy, 1988, Agama Suatu Teori Sekuler, Jakarta: Erlangga

Dewan Hisbah Persatuan Islam, 2000, Risalah Shalat Bandung: PT Remaja Rosda Karya

Dedy Mulyana, 2001, Metodologi Penelitian Kualitatif Bandung: Remaja Rosdakarya

Desmita, 2012. Psikologi Perkembangan Peserta Didik, Bandung: PT Remaja Rosdakarya,

Djamaluddin Ancok dan Fuad Nashori Suroso, Psikologi Islami; Solusi Islam Atas Problem-Problem Psikologi. 77.

Dr. Nana Sudjana, Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar, (Bandung: PT. Remaja Rosda Karya, 2002). 23

Drs. Abdul Aziz Ahyadi, Psikologi Agama Kepribadian Muslim Pancasila, (Bandung: Sinar Baru Algesindo, 2001). 37

Drs. Muh Imin, 1989, Problematika Agama Dalam Kehidupan Manusia, Jakarta: Kalam Mulia,

Erwati Aziz, 2003, Prinsip-prinsip Pendidikan Islam, Solo: PT. Tiga Serangkai Mandiri,

Hamzah Ya’kub, 1996, Etika Islam, Diponegoro : Bandung

Hasan Basri, 1995¸Keluarga Sakinah ,Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Imam Al-Ghozali, Ihya’Ulumuddin, Juz III, Darul Ihyail Kutubil Arabi. T.th.. 52.

Irwan Abdullah, dkk., 2008¸ Dialektika Teks Suci Agama: Strukturasi Makna Agama dalam Kehidupan Masyarakat Yogyakarta: Pustaka Pelajar,

Jalaluddin Rakhmat, 2003, Psikologi Agama Sebuah Pengantar Bandung: Mizan,

Jalaluddin Rakhmat, 2005. Psikologi Agama, Bandung: Mizan

Josep R. Tarigan dan M. Suparmoko, 1995¸Metode Pengumpulan Data Yogyakarta: BPFE,

Kasyful Anwa Syarwani, 2014¸ Pendidikan Anak Dalam Islam , Surabaya: Muara Progresif

Kusairi, Mengungkap Dimensi-Dimensi Psikologis Untuk Pengukuran Keberagamaan Islam,

Lexy J. Moleong, 2009. Metodologi Penelitian Kualitatif Bandung: Rosda,

Lexy J. Moleong, Metodologi Penelitian, 186; Suharsimi Arikunto, Prosedur Penelitian, 132.

M. Nipan Abdul Halim, 2001. Anak Saleh Dambaan Keluarga, Yogyakarta: Mitra Pustaka,

M.A.Subandi, 2013. Psikologi Agama & Kesehatan Mental, Yogyakarta: Pustaka Pelajar,

Matthew B. Miles, A, Michael Huberman, 1992. Analisis Data Kuanlitatif. Terjmh. Tjetjep Rohendi Rohidi Jakarta: UI Press.

Imam Suprayogo, 2001. Metodologi Penelitian Sosial-Agama Bandung: Remaja Rosdakarya,

Iskandar, 2009. Metodelogi Penelitian Pendidikan dan Sosial: Kuantitatif dan Kualitatif Jakarta: Gaung Persada Press

Methew B. Milies and A. Michael Hubermas, 1984. Qualitative Data Analysis London: Sage Publication

Muhammad Idrus, 2009. Metode Penelitian Ilmu Sosial Yogyakarta: Erlangga,

Muslim A. Kadir, 2011. Dasar-dasar Praktikum Keberagamaan dalam Islam Yogyakarta: Pustaka Pelajar,

Nasaruddin Umar. 2014. Islam Fungsional revitalisasi & reaktulisasi nilai-nilai Keislaman, Jakarta: PT. Gramedia,

Nazir, 2003 . Metode Penelitian Jakarta: Ghalia Indonesia,

Earl Babbie, 1998. The Practice Of Social Research, United States of America: Duxbury Press,

Noer Rohmah, 2013. Pengantar psikologi agama,Yogyakarta: Teras,

Robert K. Yin. 2008 Studi Kasus Desain dan Metode Jakarta: Raja Grafindo Persada

S. Nasution, 1996. Metode Research Jakarta: Bumi Aksara

Thoriqul Haq, 2013, Rasionalisasi Tuhan, Surabaya: Imtiyaz

Soemantri Patmonodewo, 2002. Pendidikan Anak Pra Sekolah Jakarta: Rhieneka Cipta,

Sudarwan Danim, 2002. Menjadi Peneliti Kualitatif Bandung: Pustaka Setia,

Sugiyono, 2008. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R & D Bandung: Alfabeta,

Sutrisno Hadi, Metodologi Research II , Yogyakarta: Andi Offset

Taufik Abdullah dan M. Rusli Karim, 1989. Metodologi Penelitian Agama Sebuah Pengantar Yogyakarta: Tiarawacana,.

W.J.S Poerwadarminta, 2011 . Kamus Umum Bahasa Indoensia, Jakarta: Balai Pustaka,

Wahbah al-Zauhayly, 2008, Zakat kajian berbagai mazhab, Bandung: PT. Remaja Rosdakarya,

Wiji Suwarno, 2006. Dasar-dasar Ilmu Pendidikan, Yogyakarta:ar-Ruz Media,

William J. Goode, 1995. Sosiologi Agama Jakarta: Bumi Aksara

Zakiah Daradjat, 1994. Dasar-Dasar Agama Islam, Bulan Bintang, Jakarta,

Downloads

Published

2020-12-10

How to Cite

Fawaid Zaini. (2020). Pengembangan Perilaku Riligiusitas Islam Sekolah Dasar Negeri Kalimo’ok 2 Sumenep. Kariman: Jurnal Pendidikan Keislaman, 8(02), 327–340. https://doi.org/10.52185/kariman.v8i02.180