Efektifitas Penggunaan Teknologi pada Pesantren Modern dalam Menghadapi Revolusi Industri 4.0
DOI:
https://doi.org/10.52185/kariman.v8i02.155Keywords:
Revolusi Industri 4.0, Pondok Pesantren, Efektifitas Teknologi, Kegunaan dan KetapatanAbstract
Pondok pesantren puncak darussalam telah mencoba mengimplementasi revolusi industri 4.0 dimana setiap kegiatan pondok pesantren dapat dilakukan dan diimplementasikan secara digital dengan sedikit menggunakan peran manusia. Banyaknya aplikasi yang digunakan pondok pesantren perlu dilakukan penelitian untuk melihat seberapa besar efektifitas dan pengaruhnya terhadap pondok pesantren. Metode deskriptif kualitatif digunakan dalam penelitian ini dengan tujuan untuk melihat efektifitas penggunaan teknologi yang ada di pondok pesantren, dengan melihat beberapa kegiatan yang ada di pondok pesantren mulai dari kegiatan belajar mengajar lembaga formal dan non formal, kegiatan kebutuhan sehari hari santri, kegiatan pembayaran kewajiban santri serta kegiatan kunjungan wali santri. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa efektifitas penggunaan teknologi di pondok pesantren dilihat dari dua aspek yaitu aspek kegunaan dan ketepatan. Pondok pesantren modern seperti puncak darussalam tidak menutup diri akan perkembangan teknologi akan tetapi hanya menggunakan teknologi yang benar benar dapat memberikan manfaat baik bagi pengurus, santri maupun wali santri.
References
Martin Van Bruinessen. 2010. Kitab Kuning, Pesantren dan Tarekat (Yogyakarta: Gading Publising)
Nurcholis Madjid. 1996. Bilik-Bilik Pesantren, Jakata:PT Dian akyat
Zamakhsyari Dhofier. 1982. Tradisi Pesanten, Jakata: LP3ES
Gazali, E., 2018. Pesantren Di Antara Generasi Alfa Dan Tantangan Dunia Pendidikan Era Revolusi Industri 4.0. OASIS : Jurnal Ilmiah Kajian Islam, 2 (2), Februari 2018, h. 95-96.
Moleong, Lexy. 2005. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Roasdakarya.
Dirjen Kelembagaan Agama Islam. 2013. Pondok pesantren dan madrasah Diniyah: pertumbuhan dan perkembangannya. Jakarta: Departemen Agama RI.
Ahmad, K. B. 2010. Pesantren Sebagai Pusat Peradaban Pendidikan Islam : Pengalaman Indonesia untuk Asia Tenggara. Edukasi :Jurnal Penelitian Pendidikan Agama dan Keagamaan, 08(02), 3939–3966.
Suharyat, Y., Agustina, A. and Yuliasih, M., 2019. Pendidikan Islam Menghadapi Revolusi Industri 4.0. Attadib: Journal of Elementary Education, 2(2), pp.121-134.
Priatmoko, Sigit. (2018). Memperkuat Eksistensi Pendidikan Islam di Era 4.0. Ta’lim: Jurnal Studi Pendidikan Islam, 1 (2), 1-19.
Syahroni, Abd Wahab., Ubaidi. 2018. “Perancangan Aplikasi E-Money dan SMS Gateway untuk Pondok Pesantren di Daerah Madura.” JURNAL ILMIAH LINK (Lintas Sistem Informasi dan Komputer) 27. 1, 1-7.