Analisis Pemikiran Ar. Molou dalam Memajukan Geliat Pendidikan Islam di Gorontalo
DOI:
https://doi.org/10.52185/kariman.v8i02.145Keywords:
Keywords: Thought, AR. Molou, Islamic Education, GorontaloAbstract
Penelitian ini bertujuan menelisik pemikiran AR Molou dalam memajukan geliat pendidikan Islam di Gorontalo. Jenis penelitian ini adalah kualitatif dengan menggunakan pendekatan biografi dan historis, yang diperkuat dengan sumber data primer dan sekunder, Teknik pengumpulan data yang digunakan : 1) Observasi, 2) Wawancara, 3) Dokumentasi. Sedangkan analisis data dilakukan dengan beberapa tahapan: 1) Metode Deskriptif, dan 2) Metode analisis biografi. Adapun hasil penelitian menyatakan bahwa sumbangsih pemikiran beliau dalam memajukan geliat pendidikan Islam di Gorontalo yang paling berpengaruh adalah konsep integrasi antara ilmu dan agama yang telah lama terdikotomi, entah itu diakibatkan oleh eskalasi perpolitikan lokal dan nasional atau bahkan implikasi oleh sisa-sisa doktrin negatif warisan yang ditinggalkan oleh kolonial.
References
Baharom Mohamad, Ali Suradin, And Za’aba Helmi Khamisan. “Peranan Pendidikan Islam dan Pendidikan Moral Dalam Membina Sahsiah Pelajar Berkualiti.” Dalam Persidangan Pembangunan Pelajar Peringkat Kebangsaan Universiti Teknologi Malaysia (2008).
Gumilang, Galang Surya. “Metode Penelitian Kualitatif Dalam Bidang Bimbingan dan Konseling.” Jurnal Fokus Konseling 2, No. 2 (2016).
Gunawan, Imam. “Metode Penelitian Kualitatif: Teori Dan Praktik.” Jakarta: Bumi Aksara, 2014.
Mustaqim, Muhamad. “Pengilmuan Islam Dan Problem Dikotomi Pendidikan A . Pendahuluan Dalam Sebuah Diskusi Ilmiah Di Stain Kudus Beberapa Waktu Lalu, Yudian Wahyudi, Guru Besar UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta Menyatakan Bahwa Ilmu Islam Yang Sekarang Ini Kita Warisi Te” 9, No. 2 (2015).
Panigoro, M Rifian, And Abdur Rahman Adi Saputera. “Implementasi Metode Sam’iyah Syafahiyah Pada Siswa Sebagai Upaya Meningkatkan Kemampuan Penguasaan Mufradat.” A Jamiy: Jurnal Bahasa Dan Sastra Arab 9, No. 2 (2020).
Parluhutan Siregar. “Integrasi Ilmu-Ilmu Keislaman dalam Perspektif M. Amin Abdullah.” Miqot: Jurnal Ilmu-Ilmu Keislaman (2014).
Saputera, Abdur Rahman Adi. “Analisis Faktor Penghambat Dan Pendukung Implementasi KTSP di Madrasah Aliyah Alkhairaat Kota Gorontalo.” Kariman 07, No. Pendidikan dan Pemikiran Keislaman (2019).
Sugiyono. Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, Kombinasi, R&D Dan Penelitian Evaluasi. Metodologi Penelitian. Purwokerto: Percetakan Alphabet, 2017.
Syamsi Pomalingo, Dkk. Sejarah Pendidikan di Gorontalo. Edited By Percetakan BNPB Sulawesi Utara. Manado, 2012.
Waston, Waston. “Pemikiran Epistemologi Amin Abdullah Dan Relevansinya Bagi Pendidikan Tinggi Di Indonesia.” Profetika: Jurnal Studi Islam (2016).