Implementasi Model Pembelajaran Problem Based Learning dalam Meningkatkan Pemahaman Mata Pelajaran Fiqih Kelas VII

Authors

  • Saeful Anam Institut KeislamanAbdullah Faqih (INKAFA) Gresik
  • Amiq Ahmad Amiq Fahman Intitut Keislaman Abdullah Faqih Gresik

DOI:

https://doi.org/10.52185/kariman.v8i02.141

Keywords:

Kata Kunci: Implementasi, Model Problem Based Learning, Pemahaman, MTs Mambaus Sholihin Gresik, Keywords: Implementation, Problem Based Learning Model, Understanding, MTs Mambaus Sholihin Gresik

Abstract

Penelitian ini  mengkaji Implementasi Model Pembelajaran Problem Based Learning dalam meningkatkan pemahaman mata pelajaran Fiqih Kelas VII di MTs Mambaus Sholihin Gresik. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field Research) yang akan dilaksanakan di MTs Mambaus Sholihin, Sedangkan pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif kualitatif. Hasli penelitian menyimpulkan bahwa model pembelajaran PBL yang di terapkan di MTs Mambaus Sholihin telah berjalan sesuai teori dan definisi  meski agak sedikit berbeda dalam langkah-langkah. Namun begitu, esensi dari langkah-langkah PBL yang di lakukan para guru Fiqih MTs Mambaus Sholihin tetaplah sama dengan esensi yang di rumuskan para ahli yakni bisa melakukan proses pembelajaran berdasarkan masalah dan menuntut peserta didik lebih aktif dalam berpartisipasi dalam proses pembelajaran. Suatu proses pembelajaran apapun modelnya, para guru di tuntut harus lebih kreatif, inovatif dan sebisa mungkin membuat siswa bahagia dalam mengikuti proses pembelajaran. Begitu juga dalam menerapkan model pembelajaram PBL ini, selain harus kreatif, inovatif dan sabar, guru juga harus menyiapkan materi seringkas mungkin dan menyiapkan masalah-masalah yang dapat merangsamg siswa agar semangat dalam mengikuti proses pembelajaran.

References

Abdul Majid. 2012. Belajar dan Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Bandung. Remaja Rosdakarya.

Djamarah, Bahri Syaiful. Djamarah. 1994. Prestasi belajar dan kompetensi guru. Surabaya: Usaha Nasional

Jamal Ma’mur Asmani. 2013. Tips menjadiguruinspiratif. kreatif dan inovatif. Jogjakarta: Diva-press.

Lexy J. Moloeng. 2004. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung. Remaja Rosdakarya.

Miftahul huda. 2013. Model-Model Pengajaran Dan Pembelajaran. Yogyakarta. Pustaka Pelajar.

Undang-undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional Tahun 2003. Bidang DIKBUD Tokyo.

Wina Sanjaya. 2013. Penelitian Pendidikan; Jenis. Metode. Dan Prosedur. Jakarta. Kencana.

Downloads

Published

2020-12-30

How to Cite

Anam, S., & Ahmad Amiq Fahman, A. (2020). Implementasi Model Pembelajaran Problem Based Learning dalam Meningkatkan Pemahaman Mata Pelajaran Fiqih Kelas VII. Kariman: Jurnal Pendidikan Keislaman, 8(02), 205–220. https://doi.org/10.52185/kariman.v8i02.141