Analisis Faktor Penghambat dan Pendukung Implementasi KTSP di Madrasah Aliyah Alkhairaat Kota Gorontalo
DOI:
https://doi.org/10.52185/kariman.v7i2.121Keywords:
Faktor Penghambat, Faktor Pendukung, Implementasi, KTSPAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat pelaksanaan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) terhadap peningkatkan mutu pendidikan di Madrasah Aliyah Alkhairaat Kota Gorontalo, dengan kegunaan dan tujuan untuk dapat meningkatkan mutu pendidikan di Madrasah Aliyah Alkhairaat Kota Gorontalo. Jenis metode penelitian ini adalah Kualitatif dengan menggunkan sumber data primer dan sekunder. Adapun metode pengumpulan data menggunakan : 1) Metode Pengamatan (Observasi), 2) Metode Wawancara (Interview), 3) Metode Dokumentasi, sedangkan Tehnik Pengolahan data menggunakan: 1) Pengeditan, 2) Klasifikasi, 3) Verifikasi, 4) Analisis, 5) Kesimpulan. Hasil penelitian: Faktor pendukung penerapan KTSP di MA Al-Khairaat, antara lain : 1) Komunikasi yang terjalin baik, 2) Sumber daya yang cukup memadai, 3) Sarana dan Prasana yang cukup lengkap. 4) Pemberian kewenangan (otonomi) oleh pemerintah untuk dapat memandirikan dan memberdayakan satuan pendidikan. Adapun beberapa faktor penghambat penerapan KTSP di MA Al-Khairaat, antara lain : 1) Tuntutan Pemerintah untuk meningkatkan kepedulian warga MA Al-Khairaat dan masyarakat dalam mengembangkan kurikulum. 2) Kurangnya pemahaman guru terhadap substansi dan pola implementasi KTSP secara komprehensif, 3) Penerapan KTSP yang merekomendasikan pengurangan jam pelajaran.
References
A.G. Subarsono, Analisis Dalam Kebijakan Publik, (Yogyakarta, Pustaka Pelajar, 2008).
Arifin, Zainal. Konsep dan Model Pengembangan Kurikulum, Cet. I. (Bandung: Rosdakarya, 2011).
Arikunto, Suharsimi. Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. (Jakarta: Rineka Cipta. 2003).
................................Prosedur Penelitian Suatu Pendeketan Praktek, Edisis Revisi V. (Jakarta : Rineka Cipta. 2002).
Bahder Johan Nasution, Metode Penelitian Ilmu Hukum, (Bandung: CV Mandar Maju, 2008).
Cik Hasan Bisri, Penuntutan Penyusunan Rencana Penelitian (Jakarta: PT Rajagrafindo Persada, 2003).
E, Mulyasa. Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan; Sebuah Panduan Praktis. (Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2006).
....................Implementasi Kurikulm Tingkat Satuan Pendidikan, Kemandirian Guru dan Kepala Sekolah, (Jakarta : PT Bumi Aksara, 2013).
Edwar III, Implementation in Grand Theory, diterjemahkan oleh Alamsyah, (Jakarta: Gaung Persada Press, 2012)
Herry, Asep Hernawan, Dkk., Pengembangan Kurikulum dan Pembelajaran, (Jakarta: Penerbit Univesitas Terbuka, 2008.
Mulyana, Deddy. Ilmu Komunikasi Suatu Pengantar (Bandung : PT Rosdakarya Offset. 2005).
Suranto. Komunikasi Perkantoran. (Yogyakarta : Media Wacana, 20054.
Lexy J. Moleong. Metodologi Penelitian Kualitatif; Edisi Revisi, (Bandung : PT Remaja Rosdakarya, 2004).
Susilo, Muhammad Joko. Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan Manajemen Pelaksanaan dan Kesiapan Sekolah Menyongsongnya. (Yogyakarta : Pustaka Pelajar, 2007).
Masri Singaribun dan Sofyan, Metode Dalam Penelitian Survey, (Jakarta: LP3ES, 1987).